in

E-sport Akan Menjadi Cabang Olahraga Resmi di Asean Games 2020

source : wikipedia.org

Haloo, kali ini kami akan memberikan informasi yang mengenai E-sport Akan Menjadi Cabang Olahraga Resmi di Asean Games 2020.

Setelah masuknya sebagai salah satu cabang olahraga eksibisi dalam Asian Games 2018, e-sport akan resmi menjadi cabang olahraga atau (cabor), yang pertama kali akan dipertandingkan dalam sebuah ajang besar Asian Games 2022 di Guangzhou, China nanti.

Kabar ini telah disampaikan oleh para panitia penyelenggara ajang Asian Games Guangzhou, melalui sebuah akun media sosialnya mereka akhir-akhir ini.

Tentu saja bahwa kabar ini menyusul dengan keputusan dari Dewan Olimpiade Asia (OCA) yang telah menyetujui proposal yang diajukan oleh para panitia penyelenggara Asian Games tahun 2022 pada acara Pertemuan Majelis Umum Dewan Olimpiade Asia ke-39 yang bertepatan di Muscat, Oman.

Proposal tersebut berisi permohonan penambahan e-sport dan break dance ke dalam cabor pertandingan Asian Games 2022.

Dalam keputusannya itu, para Dewan Olimpiade Asia akhirnya sudah resmi memasukan sebuah e-sport sebagai suatu olahraga pikiran dan juga break dance yang sebagai olahraga tari.

Sampai saat ini, para panitia penyelenggara memang masih belum memberikan detail spesifiknya lagi tentang bagaimana dengan pertandingan e-sport akan berlangsung dan juga game apa saja yang akan dipertandingkan pada acara Asean Games 2022.

Dengan dimasukkannya cabang baru e-sport ke dalam cabor resmi, hal itu tentu telah menandakan bahwa gaming sudah diakui sebagai sebuah olahraga dalam ajang multi-olahraga yang terkemuka, seperti ajang Asian Games.

Selain itu, sebuah medali yang akan diraih nantinya oleh sang juara dalam kompetisi e-sport ini juga akan dihitung dalam negara atlet di tabel perolehan medali total keseluruhan acara.

Tepat pada tahun 2018, acara games ini pertama kalinya telah diadakan dalam sebuah ajang Asian Games daerah Jakarta-Palembang. Tetapi saat itu, memang pertandingan e-sport ini masih dalam taraf eksibisi.

Saat itu, ada enam jenis game yang telah dipertandingkan yakni Arena of Valor, Hearthstone ada juga League of Legends, StarCraft II, Clash Royale, dan yang terakhir Pro Evolution Soccer 2018.

Kabar telah dimasukkannya e-sport ke dalam cabor resmi dalam pertandingan Asian Games 2022 tentunya sudah disambut sangat baik oleh Federasi Olahraga Elektronik Asia (AESF) yang telah beranggotakan sebanyak 45 negara dan juga wilayah.

“Hasil ini merupakan suatu langkah maju ke arah yang benar,” kata AESF dalam sebuah pernyataannya dalam suatu acara.

Menurut AESF, komunitas dari e-sport selama ini telah sangat bekerja keras selama beberapa tahun terakhir yakni dengan tidak hanya membawa e-sport ke dalam pusat perhatian arus utama, tetapi juga dengan selangkah lebih dekat ke dalam tahap terbesar dari semuanya, yaitu ajang Olimpiade.

Asian Games tahun 2022 itu sendiri ini akan dijadwalkan dan juga akan berlangsung dari tanggal 10 sampai 25 September 2022 nanti.

Kita semua tahu bahwa games di Indoenesia ini selalu populer, mulai dari games offline hingga games online. Termasuk pada pemainnya pun tidak kalah populer, sudah ada banyak sekali gamers yang terkenal di tanah air ini.

Sekian informasi yang bisa kami berikan mengenai E-sport Akan Menjadi Cabang Olahraga Resmi di Asean Games 2020. Semoga bermanfaat.

Meriahkan Liburan Spesial Tahun Baru, Simak Acara Populer NET TV